logo blog

Cara merawat sugar glider (LENGKAP)


Cara merawat sugar glider (LENGKAP)

Haloo para pembaca atau para sugar glider lovers atau yang baru pada mau belajar pelihara sugar glider. Kali ini saya akan berbagi tips dan cara merawat sugar glider sesuai dengan yang saya dapatkan dari google, grup facebook sugar glider dan pengalaman saya sendiri tentunya.
Walaupun baru dua tahun saya memelihara sugar glider, tapi mungkin pengalaman saya bisa bermanfaat untuk sobat semua ^_^.
Merawat dan memelihara sugar glider sebenarnya cukup mudah, jika sobat pernah memelihara hamster, mirip-mirip seperti itulah cara memeliharanya.
cara merawat sugar glider

Sugar glider:
Sugar glider merupakan binatang nocturnal atau binatang yang aktif dimalam hari, jadi jangan heran jika siang hari dia hanya tidur saja, sesekali juga dia terbangun disiang hari untuk makan atau minum. Atau jika sudah terbiasa “dimainkan” pada siang hari dia juga terbiasa bangun disiang hari.
Pernah ada pembeli sugar glider bertanya pada saya seperti ini “mas ini udah malam ko sugar glidernya masih tidur terus ya?”. Belum sempat saya balas dia sudah bilang seperti ini “ohh kalo lampunya dimatiin dia baru bangun ternyata”. Yaaiyalah namanya juga hewan malam, malam kan gelap.. ^_^
Mata sugar glider juga sangat sensitive dengan cahaya, jangan terlalu lama meletakkannya dibawah terik matahari langsung karena bisa membuat matanya menjadi katarak. Mata sugar glider yang terkena katarak warnanya agak keputih-putihan, atau jika sudah sangat parah matanya seperti masuk kedalam, salah satu penyebab katarak itu adalah panas dan teriknya cahaya matahari langsung.
baca juga :
cara membuat sugar glider bonding/jinak
cara agar sugar glider cepat hamil

Makanan sugar glider:
Pada habitatnya sugar glider memakan buah-buahan yang manis-manis, itulah alas an mengapa dia diberi nama sugar. Selain itu dia juga suka memakan serangga-serangga kecil seperti jangkrik, belalang dll.
Untuk sugar glider yang “dipelihara” rata-rata pemilik memberi makanan utamanya bubur bayi yang sudah diencerkan, bubur SUN misalnya (saya juga begitu ^_^). Kalo saya biasa memberi yang rasa pisang, karena untuk rasa lain kurang suka (menurut saya). Selain bubur bayi, serangga seperti jangkrik, ulat hongkong juga bisa diberikan sebagai makanan selingannya. 2 atau 3 kali seminggu.
Selain itu juga diberi vitamin, sudah banyak yang menjual vitamin untuk sugar glider.
Untuk minumnya beri air bersih yang matang, semua makhluk hidup membutuhkan air tentunya, ada beberapa orang beranggapan karena buburnya sudah encer maka tidak diberi minum, ini sebuah kesalahan pastinya. Untuk tempat minumnya bisa menggunakan botol minum untuk hamster (di petshop banyak).
baca juga : cara membuat botol minum untuk sugar glider

Kandang:
Untuk kandang segar glider sebaiknya yang besar, semakin besar kandang maka akan semakin baik karena pada habitat aslinya sugar glider suka melompat dari satu pohon ke phon yang lainnya.
sekecil-kecilnya kandang yaitu ukuran P=60cm, T=40cm, L=40cm. untuk 1 atau 2 ekor sugar glider.
kandang ukuran ini sangat mudah ditemui di pasaran, kebanyakan orang pun menggunakan kandang ukuran ini.

Memandikan sugar glider:
Cara memandikan sugar glider cukup mudah, yaitu dengan mengelapnya denga tissue basah keseluruh tubuhnya. Bisa dimandikan dengan air, seperti memandikan kucing atau anjing tapi harus langsung dikeringkan denga hairdryer.
Menurut saya badan sugar glider tidak begitu bau jika dibanding dengan hewan lainnya. Saya pun jarang memandikannya. 

Jenis kelamin:
Perbedaan antara sugar glider jantan dan betina terletak pada kantungnya, sugar glider betina memiliki kantung diperutnya sedangkan jantan tidak, fungsi dari kantung tersebut adalah untuk meletakkan anaknya yang masih bayi (seperti kangguru).
baca juga : cara merawat landak mini (lengkap)

Cara mengawinkan sugar glider:
Cara mengawinkan sugar glider cukup mudah, hanya dengan menyatukan sugar glider jantan dan betina saja dalam satu kandang. sugar glider yang akan dikawinkan harus sudah cukup umur untuk dikawinkan. umur berapa?, mengapa?. lihat bagian reproduksi.
selain cukup umur sugar glider juga harus dalam keadaan sehat tidak sedang sakit. selain itu juga sebaiknya indukan harus berkualitas agar keturunan yang dihasilkan juga berkualitas.
jangan mengawinkan sugar glider yang sedarah atau hasil dari satu indukan, karena nantinya anakan yang dihasilkan kemungkinan besar akan cacat.
baca juga : wajib baca ini jika ingin jadi pengusaha

Reproduksi:
Sekali reproduksi sugar glider bisa menghasilkan 1-3 anakan, tapi sangat jarang menghasilkan 3 anakan, rata-rata 1-2 anakan, ini untuk reproduksi secara alami. pernah dengar para peternak menggunakan suntikan hormon sehingga dalam sekali reproduksi sugar glider bisa menghasilkan 3-4 anakan. tapi saya belum begitu tau bagaimana caranya dan suntikan apa yang diberikan, mungkin jika ada yang tau bisa di share di coment,, ^_^

Sugar glider bisa mulai bereproduksi ketika sudah berumur 5 bulan, salah satu tandanya adalah sebagian bulu botak di bagian kepala (tanda ini hanya untuk sugar glider jantan), jadi jangan heran jika anda memiliki sugar glider jantan yang kepalanya agak pitak. tetapi ini tidak disarankan, walaupun sudah bisa bereproduksi diumur yang bisa dibilang masih muda tersebut, tetapi belum siap atau belum matang untuk merawat anak-anaknya, ini salah satu penyebab mengapa anaknya “direject”.
Maksud dari direject disini adalah indukan sugar glider tidak mau merawat dan membesarkan anaknya. Selain penyebab tersebut ada penyebab-penyebab lain yang membuat anak sugar glider di reject, antara lain lingkungan sekitar kandang yang ttidak nyaman atau berisik sehingga indukan menjadi stress, kuranganya asupan nutrisi untuk sang induk.
Beberapa kasus (reject) sang induk bukan hanya tidak mau merawat anaknya, bahkan sampai memakannya.
Sebaiknya sugar glider mulai dikawinkan pada usia minimal 6-7bulan.

berikut ini adalah gambar baby yang direject, saya dapat dari grup facebook sugar glider indonesia:
cara memelihara sugar glider



ini yang lebih parah lagi, babynya sampai dimakan (sumber foto masih sama)
cara ternak sugar glider



ini foto baby sugar glider setelah 2 minggu OOP/keluar dari kantung induknya
cara pelihara sugar glider



yang ini 3 minggu setelah OOP
ciri ciri sugar glider hamil




Ciri-ciri sugar glider hamil:
Sugar glider yang sedang hamil tidak bisa terlihat karena bayinya yang sangat kecil. Biasanya sugar glider akan hamil 1-2minggu setelah melakukan perkawinan. Lama hamil sugar glider yaitu sekitar 2 minggu, setelah 2 minggu anak sugar glider akan dilahirkan dan akan langsung dimasukkan kedalam kantung induk betina pada proses ini sering disebut IP (In Pouch). Sugar glider yang baru lahir hanya sebesar nasi. Pada tahapan ini baby sugar glider tidak perlu diberi makan, karena hanya mengkonsumsi ASI (air susu induk). Berikan saja nutrisi yang cukup untuk sang induk, biarkan sang induk merawat sebagaimana nalurinya.
Setelah 2 bulan lamanya didalam kantung (kira-kira) baby sugar glider akan mulai keluar dari kantung induknya atau sering disebut OOP (Out Off Pouch). Pada tahapan ini ukuran baby sebesar jari telunjuk orang dewasa.

Ciri-ciri sugar glider IP:
Ciri-ciri sugar glider IP antara lain:
- Pastikan dulu umur betina sudah diatas 5 bulan
- Lihat kantungnya jika terlihat lebih besar seperti ada benjolan kemungkinan sugar glider sedang IP
- Sugar glider yang sedang IP sering menjilati perut/kantungnya, tujuan dari menjilati kandungnya adalah untuk memastikan dan membenarkan posisi baby sudah baik dan benar.

Banyak yang bertanya apakah sugar glider yang sedang IP dan OOP perlu dipisah dari sang jantan??
Banyak yang bilang tidak perlu, tapi menurut pengalaman saya jika tidak dipisah salah satu indukan akan mati (ini yang pernah saya alami). Ketika tidak dipisah pertama kali sang jantan mati, dan untuk kedua kalinya tidak dipisah sang betinalah yang mati.
Kemungkinan kematiannya disebabkan karena kekurangan nutrisi, tertindih oleh induk dan joey, serta naluri sang jantan untuk terus mengawini betina.
Semenjak jantan dan betina dipisah pada saat IP atau OOP tidak ada lagi yang mati (ini sih pengalaman saya)^_^.


ini foto sugar glider betina saya yang mati saat sedang IP, babynya masih hidup tapi tidak dapat bertahan lama.
sugar glider


dan ini videonya:


sekian dulu dari saya, semoga bermanfaat. untuk selebihnya akan saya posting lagi nanti. jadi jangan lupa mampir-mampir ke blog saya.. heheheee..
 UPDATE cara merawat sugar glider sudah saya jadikan ebook dan saya beri tambahan lainnya
ebook bisa sobat download secara gratis, langsung saja download ebooknya KLIK DISINI














Tags:
cara merawat sugar glider
cara memelihara sugar glider
cara lengkap merawat sugar glider
cara lengkap memelihara sugar glider
ciri-ciri sugar glider IP
ciri-ciri sugar glider hamil
tips merawat sugar glider
tips memelihara sugar glider
membedakan sugar glider jantan dan betina
cara membedakan sugar glider jantan dan betina

Artikel Terbaru :
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

5 komentar

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Gan ane mau pelihara sg tapi takut gak cocok karena tempat ane panas dan berisik (deket jalan). Bisa kasih saran? Terus umur sg kuat sampai berapa tahun? Thx di tunggu balesannya gan

Balas

kalo soal panas & berisik tergantung SGnya gan, kalo udh trbiasa sih ga masalah.
SG ane juga di tempat panas (bukan kena sinar matahari langsung ya) suasananya juga brisik krn di pinggir jalan & rumah ane jg warung.
kalo untuk solusi panasnya ane kasih air di wadah, biar si SG klo trlalu kpanasan bisa ngebasahin diri. n yg ane liat air d botol minum berkurang spt biasa, air yg d wadah jg brkurang.
klo untuk umur SG bsa smpe 10th lbih, trgantung perawatan.
itu aja dri ane gan, semoga bsa membantu. thanks udah mampir d blog ini..

Balas

Gan ane udh miara sg 2 bulan, ane adopsi dari umur 2 bulan, dan blom pernah dimandiin, klo mandiin mandiin sendri dan gaa punya hairdryer kira2 ada saran lain gaa?

Balas

Copyright © 2016. puzzpa - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger