logo blog

cara agar sugar glider cepat hamil

cara agar sugar glider cepat hamil

Haloo para pecinta sugar glider!!! Kali ini saya akan membagikan tips agar sugar glider cepat hamil, mungkin diantara sobat ada yang sudah lama memelihara sugar glider tapi sugar glidernya belum juga hamil atau bereproduksi mungkin sobat bisa mencoba tips agar sugar glider cepat hamil yang akan saya bahas dibawah ini:

cara ternak sugar glider

Sebelumnya sobat harus tahu terlebih dahulu ciri-ciri sugar glider hamil dan IP

Ciri-ciri sugar glider hamil:
Sugar glider yang sedang hamil tidak bisa terlihat karena bayinya yang sangat kecil. Biasanya sugar glider akan hamil 1-2minggu setelah melakukan perkawinan. Lama hamil sugar glider yaitu sekitar 2 minggu, setelah 2 minggu anak sugar glider akan dilahirkan dan akan langsung dimasukkan kedalam kantung induk betina pada proses ini sering disebut IP (In Pouch). Sugar glider yang baru lahir hanya sebesar nasi. Pada tahapan ini baby sugar glider tidak perlu diberi makan, karena hanya mengkonsumsi ASI (air susu induk). Berikan saja nutrisi yang cukup untuk sang induk, biarkan sang induk merawat sebagaimana nalurinya.
Setelah 2 bulan lamanya didalam kantung (kira-kira) baby sugar glider akan mulai keluar dari kantung induknya atau sering disebut OOP (Out Off Pouch). Pada tahapan ini ukuran baby sebesar jari telunjuk orang dewasa.

Ciri-ciri sugar glider IP:
Ciri-ciri sugar glider IP antara lain:
- Pastikan dulu umur betina sudah diatas 5 bulan
- Lihat kantungnya jika terlihat lebih besar seperti ada benjolan kemungkinan sugar glider sedang IP
- Sugar glider yang sedang IP sering menjilati perut/kantungnya, tujuan dari menjilati kandungnya adalah untuk memastikan dan membenarkan posisi baby sudah baik dan benar.
baca juga : cara merawat sugar glider (LENGKAP)

Bagaimana cara agar sugar glider cepat hamil??
Banyak yang bertanya bagaimana cara agar sugar glider cepat hamil?, saya sudah lama pelihara sugar glider kok belum beranak juga?
Oke langsung saja kita bahas tips agar sugar glider cepat hamil.
sebelumnya sobat harus perhatikan dulu beberapa hal dibawah ini:
  • Pertama pastikan terlebih dahulu bahwa sugar glider sobat itu berpasangan (jantan dan betina). Perbedaan antara sugar glider jantan dan betina terletak pada kantungnya, sugar glider betina memiliki kantung diperutnya sedangkan jantan tidak, fungsi dari kantung tersebut adalah untuk meletakkan anaknya yang masih bayi (seperti kangguru). perbedaan lain terletak dibagian kepalanya, sugar glider jantan yang sudah siap bereproduksi kepalanya akan terlihat pitak, sedangkan sugar glider betina tidak.
  • Pastikan sugar glider jantan dan betina sudah cukup umur untuk bereproduksi, Sugar glider bisa mulai bereproduksi ketika sudah berumur 5 bulan, salah satu tandanya adalah sebagian bulu botak di bagian kepala (tanda ini hanya untuk sugar glider jantan, seperti yang sudah saya jelaskan tadi). tetapi ini tidak disarankan, walaupun sudah bisa bereproduksi diumur yang bisa dibilang masih muda tersebut (5 bulan), tetapi belum siap atau belum matang untuk merawat anak-anaknya, ini salah satu penyebab mengapa anaknya “direject”.
    Maksud dari direject disini adalah indukan sugar glider tidak mau merawat dan membesarkan anaknya. Selain penyebab tersebut ada penyebab-penyebab lain yang membuat anak sugar glider di reject, antara lain lingkungan sekitar kandang yang ttidak nyaman atau berisik sehingga indukan menjadi stress, kuranganya asupan nutrisi untuk sang induk.
    Beberapa kasus (reject) sang induk bukan hanya tidak mau merawat anaknya, bahkan sampai memakannya. bisa saja sugar glider sobat sudah hamil dan melahirkan tapi anaknya dimakan tanpa sobat sadari (BISA SAJA)
    Sebaiknya sugar glider mulai dikawinkan pada usia minimal 6-7 bulan, dan jangan terlalu tua juga usianya.

Jika hal-hal tersebut sudah dapat sobat pastikan, sobat bisa coba tips agar sugar glider cepat hamil dibawah ini.
  • Pastikan kandang sugar glider bersih, aman dan nyaman. aman disini maksudanya adalah aman dari predator seperti kucing, tikus ataupun hewan lainnya yang dapat mengancam sugar glider. buat sugar glider merasa nyaman seperti tidak terganggu oleh suara-suara berisik.
  • Makanan dan minuman harus selalu tersedia, sugar glider akan memperhatikan makanan dan minuman untuk kelangsungan hidupnya, mungkin dia akan berpikir "jika makanan untuknya saja kurang bagaimana untuk anaknya nanti".
  • Berikan makanan yang dapat menambah libidonya, makanan yang mengandung banyak protein bisa menambah libidonya seperti ulat hongkong dan jangkrik.
  • Jika cara diatas sudah dicoba tapi sugar glider belum hamil juga, coba untuk mengganti pasangannya. bisa di ganti jantannya atau betinanya.
  • Jika sobat hanya memiliki sepasang sugar glider, sobat bisa coba memisahkannya dulu selama seminggu (di kandang yang berbeda) kemudian menyatukannya kembali.
baca juga : 

Mungkin itu saja yang bisa saya berikan pada pembahasan cara agar sugar glider cepat hamil kali ini, jika ada yang ingin menambahkan bisa ditulis dikolom komentar.
Terimakasih, semoga bermanfaat

Artikel Terbaru :
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2016. puzzpa - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger