logo blog

Cara membuat nutrisi hidroponik sendiri (AMPUH)

Cara membuat nutrisi hidroponik sendiri

Membuat nutrisi hidroponik sendiri ternyata sangat mudah. Kali ini saya akan membagikan bagaimana cara membuat nutrisi hidroponik sendiri.
Ada beberapa cara untuk membuat nutrisi hidroponik, tapi yang akan saya bahas kali ini adalah membuat nutrisi hidroponik menggunakan campuran dari pupuk-pupuk (anorganik), cara ini saya dapatkan dari beberapa situs. Bagi sobat yang sedang belajar hidroponik dan ingin menghemat biaya cara membuat nutrisi hidroponik ini layak sobat coba dirumah, karena berdasarkan perhitungan saya, harga untuk pembuatan nutrisi ini jauh lebih murah dibandingakan dengan nutrisi hidroponik yang sudah jadi seperti AB Mix.
langsung saja kita bahas bagaimana cara membuatnya:

- yang pertama siapkan dulu bahan-bahannya:
  1. KCL
  2. Gandasil D
  3. NPK
  4. UREA
  5. 4 Wadah / Toples (1-2 ltr)


Jual benih sayuran & peralatan hidroponik murah KLIK DISINI

Cara membuat nutrisi hidroponik sendiri

- berdasarkan situs-situs yang saya baca, ada yang menggunakan bahan-bahan seperti yang telah saya sebutkan tadi dan ada juga yang tidak menggunakan UREA. jadi silahkan sobat coba saja dulu. kebetulan saya juga baru membuatnya jadi belum bisa memberikan reviewnya. 
berdasarkan sumber yang saya baca untuk 10 liter nutrisi hidroponik takarannya adalah 10 gram NPK (1 sendok makan), 10 gram KCL (1 sdm), 5 gram Gandasil D (1/2 sdm), 10 gram UREA (1 sdm).
jadi jika di kalkulasi untuk disamakan dosisnya seperti AB Mix dengan perbandingan 5:5:1 bisa menggunakan perbandingan seperti ini:
  1. 100 gram Gandasil D (1 liter air)
  2. 200 gram NPK (1 liter air)
  3. 200 gram KCL (1 liter air)
  4. 200 gram UREA (1 liter air)
- cara pembuatanya, masukkan 1 liter air ke masing- masing  wadah/toples. masukkan 100 gram Gandasil D ke wadah 1, 200 gram NPK ke wadah 2, 200 gram KCL ke wadah 3, 200 gram UREA ke wadah 3. aduk-aduk sampai larut. dari perbandingan tersebut bisa untuk 200 liter air.


- untuk penggunaanya, ambil 5 ml dari masing-masing wadah tersebut kemudian campurkan dengan 1 liter air biasa dan nutrisi untuk hidroponik pun siap untuk digunakan, "sebaiknya menggunakan air sumur jangan air dari PDAM karena mengandung kaporit, jika terpaksa menggunakan air PDAM sebaiknya diendapkan terlebih dahulu selama 7 hari."

Menurut saya dengan menggunakan metode seperti ini jauh lebih hemat daripada membeli nutrisi yang sudah jadi (AB Mix).
berikut perbandingan harganya (yang saya beli):
- AB Mix untuk 100 liter air  (25000)
- NPK 1Kg (12000)
- KCL 1Kg (5000)
- UREA 1Kg (8500)
- Gandasil D 100 gram (9000)
Jika ingin membuat 1000 liter nutrisi maka perbandingannya adalah sbb:
- NPK 1Kg (Rp.12000)
- KCL 1Kg (Rp.5000)
- UREA 1Kg (Rp.8500)
- Gandasil D 500 gram (kemasan 500 gram Rp.39000)
Jadi total harga untuk membuat 1000 liter nutrisi adalah Rp.64500.
bandingkan jika menggunakan AB Mix, 10 x Rp.25000 = Rp.250000

Sekian yang bisa saya share semoga bermanfaat, jika ada yang mau share pengalaman silahkan tulis di kolom komentar.
selamat berhidroponik, SEMANGAT MENANAM
"APA YANG KAMU TANAM ADALAH APA YANG AKAN KAMU PETIK" ^_^

Update :
Ini dia hasil dari racikan nutrisi hidroponik di atas. Saya hanya menggunakan 3 bahan saja (tanpa urea). Ampuh Bukan!! ^_^.
[klik gambar untuk memperbesar]
membuat nutrisi hidroponik sendiri

nutrisi hidroponik murah

Update :
Dengan menggunakan nutrisi ini ada beberapa tanaman yang layu, diperkirakan karena dosisnya yang masih terlalu tinggi. Saran dai saya, mungkin sobat bisa coba untuk mengencerkan pekatan/nutrisi dengan lebih banyak air. atau jika sobat mempunyai TDS meter bisa coba mengukur ppm nya, agar bisa didapatkan kombinasi yang pas.


Tulisan ini hanya sekedar berbagi pengalaman saja, jika sobat hanya menggunakan nutrisi organik, mungkin nutrisi ini bisa di gunakan untuk tanaman hias atau tanaman non konsumsi lainnya.

























Tags:
membuat nutrisi hidroponik
cara membuat nutrisi hidroponik
membuat nutrisi hidroponik sendiri
cara membuat nutrisi hidroponik sendiri
belajar hidroponik
membuat pupuk sendiri
cara emmbuat pupuk sendiri

Artikel Terbaru :
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

7 komentar

terima kasih info nya :), mau saya coba nanti hasilnya saya share.

Balas

Sy sdh coba buat cairan dr campuran datas,,yg mau sy tanyakan,,knp stlh casiran digunakan, ciran trsbut mengeluasrkan bau yg tdk sedap.....sy pemula....mhn jwb nya trtima kasih

Balas

bau kya gmn y? stelah brp hari baunya? trus pke media apa??

Balas

klo buat larutan pekatan untuk buah, apakah yg dipakai gandasil A, ataukah sama mohon pencerahan

Balas

gambar gambarnya g keliatan min

Balas

apakah sudah pernah di coba? bagaimana hasil panenenya ya?

Balas

http://ayoo-berkebun.blogspot.com/

Balas

Copyright © 2016. puzzpa - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger