logo blog

cara membuat sugar glider bonding/jinak

cara membuat sugar glider bonding/jinak

cara membuat sugar glider bonding/jinak

Haloo para pecinta sugar glider atau yang baru belajar memelihara sugar glider!! Sebelumnya saya pernah menulis tentang cara lengkap merawat sugar glider, kali ini saya akan melanjutkan tulisan tersebut dengan pembahasan cara menjinakan sugar glider atau cara membuat sugar glider bonding.
Apa sih bedanya jinak dengan bonding?
jinak berarti sugar glider sudah tidak suka menggigit lagi dan tidak suka kabur, sedangkan bonding berarti sugar glider sudah terikat dengan pemiliknya (memiliki ikatan) hafal dengan bau pemiliknya, sehingga ketika sugar glider jauh dari pemiliknya, dia akan mengejar atau melompat ke arah pemiliknya, menghampiri pemiliknya ketika di panggil, tidak menggigit dan crabbing ketika di pegang dan sebagainya.
Lalu bagaimana cara menjinakan atau membuat sugar glider bonding?
Berikit ini adalah tips untuk menjinakan dan membuat bonding sugar glider:

Membeli sugar glider
Saat membeli sugar glider sebaiknya sobat membeli sugar glider yang masih joey (usia 1-2 bulan), di usia ini sugar glider lebih mudah untuk di handle dan bisa lebih cepat hafal dengan bau pemiliknya. Perlu sobat ketahui, pada usia ini sugar glider masih kagetan dan penakut, jadi jangan heran ketika di pegang dia akan crabbing.

Handfeed
Handfeed berarti memberi makan langsung dengan tangan, ambil makanan sugar glider dan coba memberikannya secara langsung. jika sugar glider (joey) crabbing, seolah mencoba menyerang atau bahkan menggigit, biarkan saja, jangan tarik tangan sobat. karena itu akan membuat seolah kita adalah musuhnya, dan ketika kita mencoba melakukan handfeed lagi dia akan mencoba melakukan itu lagi, karena dia berhasil membuat musuhnya kabur dengan cara itu. ini juga menjadi salah satu alasan kenapa membeli sugar glider yang masih joey, saat masih joey gigitannya tidak begitu sakit, ketika menggigit dia langsung melepaskannya dan kabur. lain halnya dengan sugar glider yang sudah dewasa, jika menggigit dia akan lama melepaskan gigitannya (pengalaman).

Ajak bermain
Selain memberi makan dengan handfeed, mengajak main sugar glider juga bisa lebih membangun ikatan sugar glider dengan pemiliknya. Ajak sugar glider sobat bermain di luar kandang, sebelumnya pastikan dulu tempatnya aman dari binatang lain seperti kucing dan yang lainnya, pastikan juga sugar glider tidak akan kabur jauh atau keluar rumah. Sebaiknya ajak sugar glider bermain di siang hari (sebenarnya malam juga tidak apa-apa), karena pada siang hari sugar glider cenderung kurang aktif, ini untuk meminimalisir gigitan sugar glider. biarkan sugar glider "menempel" di tangan, baju atau pun bahu kita, ini akan membuat sugar glider menghafal bau pemiliknya.
jika sugar glider crabbing dan mencoba untuk kabur, coba di kekap dengan kedua tangan, lama kelamaan dia akan diam dan tenang, jika sufah mulai tenang coba elus-elus kepalanya dari depan ke belakang, lama kelamaan dia akan tertidur di tangan sobat.
Jika sugar glider sudah mulai "akrab" dengan sobat, ajak dia bermain di tempat yang agak ramai (banyak orang), agar sugar glider terbiasa dan tidak takut dengan keramaian.


Jika sobat sudah terlanjur membeli sugar glider yang dewasa tenang saja, sugar glider dewasa juga bisa jinak dan bonding kepada sobat. namun membuat jinak dan bonding sugar glider dewasa agak sulit dibandingkan dengan sugar glider yang masih joey, karena mungkin sugar glider dewasa sudah terbentuk karakternya di tempat lain, atau mungkin sudah memiliki ikatan dengan pemilik sebelumnya, tapi ada sugar glider yang jinak dengan siapa saja, disinilah sobat harus benar-benar jeli saat membeli sugar glider.
Untuk menjinakan dan membuat bonding sugar glider dewasa langkahnya sama saja seperti pada sugar glider joey di atas, tapi untuk sugar glider yang dewasa sobat harus lebih telaten dan sabar untuk membondingkannya, banyak juga orang yang meletakan baju yang dipakainya ke dalam kandang sugar glider agar sugar glider lebih cepat menghafal bau pemiliknya.

Lakukan tips-tips membondingkan sugar glider di atas setiap hari, semakin sering tentunya sugar glider akan semakin cepat bonding.
untuk contoh sugar glider yang sudah "agak" bonding, sobat bisa lihat video sugar glider saya di bawah ini:


Sekian dulu untuk tips cara menjinakan dan membuat sugar glider bonding kali ini, semoga bisa membantu sobat semuanya.
Terimakasih.

Artikel Terbaru :
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2016. puzzpa - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger