logo blog

cara merawat landak mini (LENGKAP)

I.            Tentang Landak mini

Landak mini merupakan binatang nocturnal (binatang yang beraktivitas pada malam hari), pada siang hari landak mini lebih banyak menghabiskan waktunya untuk tidur. landak mini memiliki duri di seluruh bagian tubuh atasnya, sedangkan bagian bawahnya hanya terdapat bulu-bulu halus. Landak mini merupakan binatang mamalia (menyusui), sekali reproduksi  landak mini bisa melahirkan sampai 10 ekor atau bahkan lebih.


1.1        Makanan untuk landak mini

Landak mini termasuk binatang omnivora (pemakan segala) bahkan landak mini juga kanibal (memakan jenisnya sendiri) lebih sering memakan anaknya sendiri, kanibalisme bisa terjadi karena beberapa factor, seperti kurangnya ketersediaan makanan sehingga anaknya yang menjaddi santapan, Yang paling sering adalah pada saat landak mini melahirkan dan merasa terancam dia akan memakan anak-anaknya.
Di alam liar landak mini lebih sering memakan serangga seperti jangkrik, belalang, dan juga buah-buahan.
Landak mini yang dipelihara biasanya diberi makan cat food/dog food, buah-buahan dan sesekali diberi jangkrik, ulat jerman/ulat hongkong
Untuk tempat minumnya sebaiknya menggunakan botol minum khusus untuk hamster/kelinci (banyak dijumpai di toko-toko perlengkapan hewan), jangan menggunakan tempat yang terbuka karena dihawatirkan landak mini akan  tercebur ke wadah minum tersebut dan wadah tersebut bisa ditumpahkan oleh landak mini sehingga kandang akan menjadi basah.
           

1.2         Kandang

Landak mini merupakan binatang pengerat, jadi jangan ditempatkan pada kandang yang terbuat dari kayu ataupun yang terbuat dari bahan yang mudah hancur seperti kadus, Styrofoam atau yang lainnya.
 
Gambar: My collection

Untuk kandang bisa menggunakan kandang yang terbuat plastic seperti box pada gambar di atas. Ukuran kandang sebaiknya minimal 30cm x 50cm untuk dua ekor landak mini, semakin luas kandang akan semakin baik, agar landak mini bisa leluarsa berlari-lari.

1.3         Bedding atau Alas

Bedding atau alas untuk kandang bisa menggunakan serutan kayu atau pasir zeolite. Untuk serutan kayu gunakan yang bersih dan kering, serta tidak mengandung unsur kimia seperti cat, sebaiknya beli di toko karena serbuk kayunya khusus untuk pet. Jika menggunakan pasir zeolite sebaiknya jangan menggunakan yang sangat halus karena bisa membuat landak mini kelilipan, gunakan pasir nomor 2 atau 3.
 
Gambar: google.com

Bedding pasir zeolite berfungsi untuk menyerap air kencing landak mini. Beding serutan kayu berfungsi untuk menyerap air kencing landak mini dan untuk menghangatkan tubuh landak mini. Ganti bedding ketika sudah kotor atau basah.


II.            Cara membedakan jenis kelamin landak mini

Mungkin banyak yang bertanya-tanya landak mininya jantan atau betina??
untuk mengetahuinya silahkan lihat gambar dibawah ini:
 
Gambar: muntilan-farm.blogspot.com

Untuk membedakan jenis kelamin landak mini, hamster, marmut, tikus, kelinci sebenarnya sama saja caranya. Untuk landak mini jantan lihat gambar sebelah kiri, perhatikan 2 lubang pada bagian bawah(kelamin dan anus), jika landak mini jantan maka jarak antara lubang kelamin dengan lubang anus agak berjauhan dan untuk landak mini betina jarak antara lubang kelamin dengan lubang anus sangat berdekatan.


III.            Tips memilih dan membeli landak mini

Membeli landak mini tidak boleh asal-asalan, tentunya kita tidak ingin membeli landak mini yang sakit ataupun memiliki kelainan atau cacat. Jika kalian ingin membeli landak mini yang sehat berikut ini ada tips dari saya:

 
Gambar: My collection

-          Pastikan kalian sudah tahu mana landak mini betina dan mana landak mini yang jantan, jangan sampai dibohongi oleh penjual, landak mini jantan dibilang betina atau sebaliknya.

-          jika ingin membeli landak mini yang sehat kalian dapat membelinya di petshop, di petshop tentu landak mininya akan lebih sehat, tentu harganya akan sedikit lebih mahal dibandingkan membeli dari peternak atau dipinggiran jalan. Tapi jangan salah, ada jugapetshop yang tidak mau repot dalam mengurus landak mininya. Sehingga asal-asalan memeliharanya.

-          kalian juga bisa membelinya langsung dari peternak, dengan harga yang lebih murah. tapi para peternak juga banyak yang hanya mau untung besar. sehingga kesehatan dan pemberian pakan landak mininya tidak dipedulikan, tentunya tidak semua peternak seperti itu.

-          mungkin agar lebih baik jika kalian membeli landak mini dari para penghobi atau hedgehog lovers, karena para hedgehog lovers akan memelihara landak mininya  dengan sangat baik. tapi tetap saja ada juga yang tidak bisa merawat landak mininya, memang dalam urusan membeli harus pandai-pandai memilih.

Untuk mengetahui kesehatan landak mini bisa dengan menggunakan cara ini:

-          lihat dan amati seluruh tubuh landak mini, pastikan tidak ada yang cacat pada tubuhnya, duri dan bulunya tidak rontok, lihat juga apakah ada penyakit pada tubuhnya, seperti penyakit kulit dan sebagainya

-          landak mini yang sehat jika ingin di pegang akan kaget dan langsung menggulung tubuhnya menjadi seperti bola (ini tidak berlaku untuk landak mini yang sudah sangat jinak).

-          landak mini yang sehat juga lincah dan nafsu makannya besar, kotorannya pun padat tidak encer.


IV.            Cara memandikan landak mini

Kebersihan landak mini harus selalu di perhatikan, untuk membersihkannya landak mini bisa dimandikan dengan air, sekurang-kurangnya satu bulan sekali. Landak mini bisa di mandikan mulai usia 2,5-3 bulan.
Sebelum memandikan landak mini siapkan dulu alat-alatnya:
·         Bak berisi air bersih kira-kira tinggi air 20cm
·         Sikat gigi
·         Shampoo hewan/shampoo bayi
·         Handuk/lap
·         Hairdryer

Cara memandikannya:
·         Masukkan landak mini ke dalam bak yang berisi air. jangan khawatir, landak mini tidak akan tenggelam karena dia bisa berenang
·         Basahi seluruh bagian tubuh landak mini sambil di usap dengan sikat gigi
·         Tambahkan shampoo keseluruh tubuhnya, jangan sampai mengenai mata
·         Sikat setiap bagian tubuh landak mini
·         Jika dirasa sudah bersih angkat landak mini lalu di lap dengan handuk kemudian keringkan dengan hairdryer agar landak mini tidak kedinginan. Jika tidak ada hairdryer landak mini bisa di jemur di bawah terik matahari sampai benar-benar kering.


 V.            Cara mengawinkan landak mini

Cara mengawinkan landak mini cukup mudah, hanya dengan menyatukan landak mini jantan dan betina saja dalam satu kandang. landak mini yang akan dikawinkan harus sudah cukup umur untuk dikawinkan. umur berapa?, mengapa?. lihat bagian reproduksi.
selain cukup umur landak mini juga harus dalam keadaan sehat tidak sedang sakit. selain itu juga sebaiknya indukan harus berkualitas agar keturunan yang dihasilkan juga berkualitas.


VI.            Reproduksi

Sekali reproduksi sugar glider bisa menghasilkan 1-10 anakan bahkan lebih. Landak mini bisa mulai bereproduksi ketika sudah berumur 4 bulan, tapi sebaiknya landak mini dikawinkan pada umur 5 bulan keatas. Karena meskipun sudah bisa bereproduksi pada usia 4 bulan, usia tersebut masih terlalu muda untuk landak mini, ini yang mengakibatkan landak mini belum siap atau belum matang untuk merawat anak-anaknya, ini salah satu penyebab mengapa anaknya “direject”selain di reject anakan landak mini akan berukuran sangat kecil dari ukuran seharusnya.
Maksud dari direject disini adalah indukan landak mini tidak mau merawat dan membesarkan anaknya. Selain penyebab tersebut ada penyebab-penyebab lain yang membuat anak landak mini di reject, antara lain lingkungan sekitar kandang yang tidak nyaman atau berisik sehingga indukan menjadi stress, kuranganya asupan nutrisi untuk sang induk.
Beberapa kasus (reject) sang induk bukan hanya tidak mau merawat anaknya, bahkan sampai memakannya.


VII.            Ciri-ciri landak mini hamil

Mungkin banyak diantara kalian para pecinta landak mini atau yang mungkin baru memelihara landak mini bingung landak mini nya hamil atau hanya gemuk.

 
Gambar: My collection

Untuk mengetahuinya kenali ciri-ciri landak mini hamil dibawah ini:

-          yang pertama pastikan dulu landak mininya berjenis kelamin betina, tadi sudah dibahas bagaimana cara membedakan jenis kelamin landak mini
-          kemudian amati pola makan landak mini, apabila landak mini menjadi lebih rakus  kemungkinan landak mini kalian sedang hamil
-          amati juga tingkah lakunya, landak mini yang sedang hamil akan lebih agresif dan memberontak jika didekati oleh sang jantan.
-         landak mini yang sedang hamil akan terlihat jelas puting susunya, dan akan semakin menonjol sampai dia melahirkan.


VIII.            Cara merawat landak mini yang hamil

Pastikan dulu bahwa landak mini sobat sedang hamil, tadi sudah di jelaskan apa saja ciri-ciri landak mini yang sedang hamil.

Jika sudah mengetahui landak mini kalian hamil, maka hal-hal yang harus dilakukan adalah:
-          memisahkannya dari sang jantan

-          letakkan pada kandang yang tidak terlalu besar (agar anak-anaknya nanti tidak terpencar-pencar)

-          beri makanan yang bergizi, minumnya juga tidak boleh lupa

-          pada saat mendekati hari kelahiran, 2 atau 3 hari sebelum kelahiran ganti alas atau bedding



IX.            Kapan landak mini yang hamil akan melahirkan?

 
Gambar: my collection

Masa kehamilan landak mini adalah 35-45 hari. Landak mini yang akan melahirkan terlihat gelisah, agresif, sensitif, suka mondar-mandir, dan menggali-gali alas atau bedding untuk membuat sarang untuk anak-anaknya.



X.            Perawatan landak mini yang sedang beranak atau menyusui

Banyak orang-orang awam yang bingung dengan apa yang harus dilakukan pada saat landak mininya beranak atau melahirkan, banyak dari mereka yang bertanya dan mengeluh “kenapa anak landak mini saya dimakan oleh induknya?, kenapa induknya tidak mau menyusui anak-anaknya?”.

 
Gambar: my collection

Landak mini yang sedang beranak atau menyusui membutuhkan perlakuan khusus, diantaranya:

-          beri makanan dengan porsi lebih banyak

-          jangan lupa air minum harus selalu tersedia

-          jangan terlalu sering dilihat agar sang induk tidak stres, lihat pada saat memberi makan saja, itupun harus hati-hati. Landak mini lebih sensitive daripada hamster

-          jangan sekali-sekali menyentuh anak landak mini yang berusia kurang dari 1 bulan dengan tangan anda, karena bau sang anak akan berbeda dan sang induk akan memakannya. jika ingin memindahkan anak landak mini bisa menggunakan sendok dengan sangat hati-hati dan jangan sampai si induk melihatnya. Memindahkan anak hanya jika si anak terpisah jauh dari induknya sedangkan si induk sedang tidur atau menyusui atau ketika si anak seperti agak tertimbun serutan kayu atau bedding

-          jika sang induk terlanjur stres dan tidak mau menyusui anak-anaknya, coba pindahkan kandang, letakkan pada tempat yang sepi dan gelap. pastikan juga tidak ada predator yang akan memangsanya seperti tikus dan kucing 

-          jangan ganti bedding sebelum anak-anak landak mini berusia minimal 3 minggu, itu pun tidak semuanya diganti, sisakan bedding agar landak mini tidak merasa aneh dan kaget mencium bau yang berbeda

-          anak-anak landak mini bisa dipisahkan dari sang induk pada saat usia 1,5-2 bulan atau ketika sudah tidak menyusu lagi pada induknya dan bisa makan sendiri.

untuk lebih lengkapnya download ebook panduan memelihara landak mini KLIK DISINI













Tag:
  • cara merawat landak mini
  • cara merawat landak mini untuk pemula
  • cara memelihara landak mini
  • cara memelihara landak mini untuk pemula
  • cara lengkap memelihara landak mini
  • cara lengkap merawat landak mini


Artikel Terbaru :
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2016. puzzpa - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger