logo blog

cara refund kelebihan ongkir kepada pembeli di tokopedia

cara refund kelebihan ongkos kirim kepada pembeli di tokopedia

Sebelumnya saya pernah membahas tentang cara ganti nama toko di tokopedia, nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara refund/mengembalikan kelebihan ongkos kirim di tokopedia, biasanya kelebihan ongkir disebabkan karena perbedaan berat barang sebenarnya dengan deskripsi berat barang yang kita tulis di tokopedia.
Bukan hanya refund ongkos kirim saja, dengan cara ini sobat juga bisa mengembalikan kelebihan uang (jika ada) kepada pembeli yang nantinya uang tersebut akan masuk ke saldo tokopedia pembeli. Misalnya kasus lain seperti ada barang yang kurang ataupun stoknya kosong dan sobat sudah membicarakannya terlebih dahulu oleh pembeli dan pembeli pun setuju untuk refund dana dari barang yang tidak ada tersebut, tapi jika ada barang yang kosong ataupun tidak bisa dikirim karena beberapa alasan (seperti via udara ada beberapa barang yang tidak boleh dikirim atau harus ada surat ijinnya) biasanya saya konfirmasi kepada pembeli terlebih dahulu ingin diganti dengan produk yang lain atau tidak, jika tidak biasanya dana akan saya sisipkan bersama dengan paket yang akan dikirim :).

Baca juga :
cara mengembalikan kelebihan dana kepada pembeli di bukalapak
wajib baca ini jika ingin jadi pengusaha
tips ampuh menjadi miliarder
jika anda ingin menjadi miliarder lakukan hal ini

Nah sekarang langsung saja kita bahas bagaimana cara mengembalikan / refund kelebihan ongkos kirim di tokopedia, langsung saja disimak langkah-langkahnya dibawah ini :

mengganti nama toko di tokopedia
pertama sobat misa masuk ke menu bantuan yang ada di situs tokopedia



cara mengganti nama toko di tokopedia
setelah itu pilih hubungi kami


mengganti nama toko online di tokopedia
pilih hubungi customer care tokopedia


cara mengembalikan kelebihan ongkir ke pembeli di tokopedia
lalu pilih menu saya penjual, pilih masalah dan detil masalah
setelah itu klik tulisan silakan hubungi customer care tokopedia dengan klik disini, untuk lebih jelasnya bisa lihat gambar diatas


cara mengembalikan kelebihan ongkos kirim ke pembeli di tokopedia
selanjutnya akan ada kotak yang harus sobat isi, isikan nomor invoice / nomor transaksinya
dan isi pesan, biasanya saya menulis pesan seperti ini " selamat malam admin, untuk transaksi xxxxxxx ada kelebihan ongkos kirim sebesar xxxxx, tolong dana di refund sebesar xxxxx kepada pembeli. berikut saya lampirkan bukti pembayarannya."
setelah itu sobat lampirkan / browse file (foto bukti pembayaran), masukkan captcha dan kirim pesan


cara refund kelebihan ongkos kirim ke pembeli di tokopedia
setelah beberapa lama admin akan membalas seperti ini (tergantung masalah), disini admin akan menghubungi / mengkonfirmasi kepada pembeli terlebih dahulu, jika pembeli sudah mengkonfirmasi maka dana akan segera di refund.

Nah itu dia cara mengembalikan kelebihan ongkir kepada pembeli di tokopedia, semoga bisa membantu sobat semua yang belum mengetahuinya.
Terimakasih.

Artikel Terbaru :
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

1 komentar:

Halo, salam kenal, sy mau tanya, kita email ke tokped nya setelah barang kita kirim atau tunggu pembeli terima barang baru kita email ke tokped?trims balasannya

Balas

Copyright © 2016. puzzpa - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger