logo blog

cara ampuh menghemat baterai hp android

cara ampuh menghemat baterai hp android

Baterai hp android cepat habis merupakan masalah umum yang dihadapi oleh banyak pengguna smartphone android. Kapasitas baterai yang besar bukan sebuah solusi untuk mengatasinya, percuma jika kapasitas baterai besar tetapi mengisi dayanya pun semakin lama. Tapi saat ini sudah ada sistem pengisian cepat yang menurut saya sudah cukup membantu untuk mengatasi masalah tersebut, pengisian cepat bisa mempercepat pengisian baterai sampai 3 kali lebih cepat, namun sayangnya saat ini fitur tersebut hanya dimiliki oleh smartphone yang harganya cukup "mahal".


Lalu bagaimana dengan smartphone android yang tidak memiliki fitur tersebut? Nah kali ini saya akan membahas tentang cara ampuh menghemat baterai hp android.
sobat bisa simak apa saja yang harus dilakukan agar baterai hp android tidak cepat habis dibawah ini:
1. Kecerahan Layar
Layar merupakan sumber konsumsi baterai terbesar, untuk menghemat baterai hp sobat bisa coba redupkan kecerahan layar sesuai dengan kondisi, jika berada di tempat terang baru naikan tingkat kecerahan layar, dan jangan gunakan mode otomatis pada kecerahan layar.
baca juga : tips menghemat kuota internet di hp android

2. Matikan Animasi
Kurangi atau matikan skala animasi pada android, caranya masuk ke pengaturan - cari opsi pengembang - matikan skala animasi yang ada. Bisa dilihat seperti gambar dibawah ini

cara menghemat baterai android

3. Nonaktifkan suara dan getar
Nonaktifkan getar dan suara yang tidak penting, banyak sekali yang mengaktifkan fitur getar dan suara ketika layar disentuh, ketika membuka kunci dan yang lainnya. ini akan cukup mengurangi daya baterai ponsel sobat.
4. Aplikasi
Jangan terlalu banyak menginstal aplikasi, instal aplikasi yang dibutuhkan saja. jika ada aplikasi yang tidak terlalu penting dan jarang digunakan sebaiknya hapus saja. Karena setiap aplikasi akan mengurangi daya baterai, terlebih jika aplikasi tersebut selalu berjalan/aktif.

5. matikan fitur bawaan yang tidak penting
Matikan atau nonaktifkan fitur-fitur bawaan android yang tidak penting seperti wallpaper bergerak, sinkronisasi dan yang lainnya.

tips menghemat baterai android
untuk menonaktifkannya sobat bisa masuk ke pengaturan - aplikasi - semua aplikasi - pilih aplikasi yang ingin di nonaktifkan (jangan nonaktifkan aplikasi sistem seperti peluncur dan yang lainnya)

6. Jangan Instal aplikasi penghemat baterai
Jangan instal aplikasi penghemat baterai, karena justru akan semakin mengurangi daya baterai sobat. 
7. Instal Greenify
Greenify bukan aplikasi penghemat baterai, greenify merupakan aplikasi untuk memberhentikan aplikasi yang masih berjalan. Pernahkah sobat sadari di aplikasi android tidak ada tombol close? itu artinya meskipun sobat sudah keluar dari sebuah aplikasi, akan tetapi aplikasi tersebut masih tetap berjalan di latar belakang ataupun di chace. ini tentu akan membebani penggunaan RAM, processor dan juga memakan sebagian daya baterai ponsel sobat. jika ingin mendownload dan cara menggunakan greenify silahkan klik disini

8. Matikan fitur yang sedang tidak digunakan
Matikan fitur yang sedang tidak digunakan seperti wifi, bluetooth, GPS, hotspot



9. Jaringan
Jika sobat berada ditempat yang hanya mendapatkan jaringan 2G, EDGE atau hanya sedikit mendapatkan jaringan 3G, sebaiknya sobat jangan menggunakan mode jaringan hanya 3G, karena ponsel sobat akan bekerja keras untuk mencari jaringan 3G tersebut, dan ini akan semakin menguras daya baterai sobat.
lihat juga : kumpulan DP BBM bergerak lucu

10. Paket data
Matikan paket data jika sobat tidak menggunakan smartphone dalam jangka waktu yang lama, seperti saat malam hari ketika sobat tidur, atau sekalian sobat juga bisa nonaktifkan ponsel sobat. itung-itung memberinya waktu untuk istirahat.

11. Penggunaan
Gunakan ponsel sewajarnya, jangan terlalu memaksakan ponsel untuk bekerja terus-menerus, seperti bermain game cukup lama, baterai habis di charge, penuh lalu bermain game lagi. Selain bisa mengurangi masa baterai juga bisa merusak ponsel sobat.

Oke sobat sekian dulu untuk pembahasan cara ampuh menghemat baterai android kali ini, semoga bisa bermanfaat untuk kita semua.
Untuk tutorial lainnya silahkan KLIK DISINI
Terimakasih

Artikel Terbaru :
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2016. puzzpa - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger